Bahan Bakar yaitu suatu materi apa pun yang dapat dirubah menjadi energi. Umumnya bahan bakar mengandung energi panas yang bisa dilepaskan serta dimanipulasi. Biasanya bahan bakar dipakai manusia lewat sistem pembakaran (reaksi redoks) dimana bahan bakar itu bakal melepaskan panas sesudah direaksikan dengan oksigen di hawa. Sistem lain untuk melepas daya berbahan bakar yaitu lewat reaksi eksotermal serta reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk juga di dalamnya bensin serta solar) untuk spesifikasi solar pun dibagai dalam jenis tertentu dan selama ini adalah type bahan bakar yang seringkali dipakai manusia. Bahan bakar yang lain yang dapat digunakan yaitu logam radioaktif.

-Beberapa jenis bahan bakar :

1. Bahan Bakar Padat

Bahan bakar bersifat padat adalah bahan bakar berupa padat, serta umumnya jadi sumber daya panas. Contohnya kayu serta batubara. Daya panas yang dihasilkan dapat dipakai untuk memanaskan air menjadi uap untuk menggerakkan peralatan serta menyediakan energi.

2. Bahan Bakar Cair

Bahan bakar bersifat cair yaitu bahan bakar yang strukturnya tak rapat, bila dibandingkan dengan bahan bakar bersifat padat molekulnya bisa bergerak bebas. Bensin atuu gasolin, premium, minyak tanah, ataupun minyak solar yang merupakan salah satu contoh bahan bakar  yang berbentuk cair. jenis Bahan bakar cair yang umum digunakan dalam industri seperti halnya jual solar industri, transportasi ataupun rumah tangga yaitu fraksi minyak bumi. Minyak bumi merupakan kombinasi bermacam hidrokarbon yang termasuk juga dalam grup senyawa : parafin, naphtena, olefin, serta aromatik. Grup senyawa ini tidak sama dari yang lain dalam kandungan hidrogennya. Minyak mentah, bila disuling bakal membuahkan sebagian jenis fraksi, seperti : bensin atau premium, minyak tanah, minyak solar, minyak bakar, dan sebagainya. Tiap-tiap minyak petroleum mentah mengandung ke empat grup senyawa itu, namun perbandingannya tidak sama.

bahan bakar

3. Bahan Bakar Gas

Bahan bakar gas ada dua type, yaitu Compressed Alami Gas (CNG) serta Liquid Petroleum Gas (LPG. CNG pada intinya terbagi dalam metana sedang LPG yaitu kombinasi dari propana, butana serta bahan kimia yang lain. LPG yang dipakai untuk kompor rumah tangga, sama berbahan dengan Bahan Bakar Gas yang umum dipakai untuk beberapa kendaraan bermotor.

-Menurut materinya :

1. Bahan bakar tak berkelanjutan

Bahan bakar tak berkepanjangan  atau tak berkelanjutan bersumber pada materi yang di ambil dari alam serta berbentuk konsumtif. Makanya cuma dapat sekali dipakai serta dapat habis keberadaannya di alam. Contohnya bahan bakar berbasiskan karbon seperti beberapa produk olahan minyak bumi.

2. Bahan bakar berkelanjutan

Bahan bakar berkepanjangan atau berkelnjutan bersumber pada materi yang masih tetap dapat difungsikan dan dimanfaatkan lagi serta tak kan habis keberadaannya di alam. Umpamanya tenaga matahari.